Awal Mula Penggunaan Asam Lemak Trans pada Produk Pangan



Lemak trans merupakan jenis lemak tak jenuh yang ikatan rangkapnya dalam konfigurasi trans akibat hidrogenisasi parsial, baik terjadi secara alami maupun buatan. Lemak ini terkandung secara alami dalam jumlah kecil pada lemak daging dan susu (3-8%). Namun, kebanyakan lemak trans dalam pola produk pangan bersumber dari minyak nabati yang terhidrogenasi parsial (PHVO, partial hydrogenated vegetable oil) yang kandungan lemak trans-nya antara 5-40%. 

Sejak tahun 1911, ketika perusahaan Procter and Gamble memperkenalkan produk PHVO Crisco, industri pangan mulai menggunakan lemak trans buatan karena sifatnya yang menguntungkan secara komersial, seperti umur simpan yang panjang, stabilitas selama penggorengan, dan palatabilitas yang baik (Brownell & Pomeranz, 2014). Lemak ini karenanya dimasukkan ke dalam banyak produk pangan, termasuk snack, terutama pada produk makanan yang digoreng, produk yang dipanggang, dan krekers. 

Lebih lengkapnya dapat dibaca di FOODREVIEW Indonesia edisi "Snackification" | Desember 2017 | Untuk pembelian atau langganan majalah bisa hubungi langganan@foodreview.co.id

Artikel Lainnya

  • Apr 16, 2021

    Eksplorasi Ingridien Pangan Lokal

    Indonesia sangat kaya akan sumber-sumber ingridien pangan. Beberapa ingridien tersebut bersifat multifungsional dan memiliki karakter yang spesifik. ...

  • Apr 15, 2021

    Empat Kategori Flavor Pangan

    saat ini ada empat kategori flavor yang sedang menjadi kecenderungan di berbagai belahan dunia termasuk di Indonesia. Keempat kategori tersebut adalah comfort flavour, nostalgic flavour, functional flavour dan millennial flavour. Comfort flavour adalah flavor yang membuat nyaman. ...

  • Apr 14, 2021

    Flavor Etnik untuk Produk Pangan

    Di era global ini, terjadi fenomena saling memengaruhi dalam masalah kesukaan konsumen terhadap flavor dan pangan. Pada saat ini, flavor etnik dari bagian manapun di belahan dunia digandrungi oleh konsumen di negara negara Barat, sebelumnya terjadi yang sebaliknya. ...

  • Apr 13, 2021

    Pengembangan Flavor Pangan

    Flavor pangan merupakan kunci utama kesukaan konsumen terhadap makanan dan minuman serta produk pangan (pangan olahan). ...

  • Mar 28, 2021

    Kualitas Pangan Beku

    Produk pangan beku menjadi semakin digemari konsumen karena beberapa alasan seperti: mengurangi kontaminasi, mengendalikan kerusakan pangan yang diakibatkan oleh mikroba, mengendalikan perkembangan mikroorganisme selama penyimpanan, menghambat penurunan zat gizi, serta mempertahankan kualitas organoleptik. ...