Perkembangan Teknologi Produksi Cold Brew


 

Pada prinsipnya semua ukuran kopi sangrai dapat diekstrak untuk persiapan pembuatan kopi panas maupun cold brew.  Ukuran partikel sangat menentukan bahan non-volatil yang dapat larut.  Seperti diketahui apabila ukuran terlalu kecil, rasa asam dan pahit akan lebih terasa.  Ukuran yang sangat kecil juga akan menyulitkan dalam proses penyaringan.  Ukuran sangat halus disukai bagi mereka yang menginginkan kopi panas tipe kopi tubruk.  Ukuran medium atau giling kasar banyak dimanfaatkan sebagai bahan pembuatan kopi  cold brew.

 

Untuk keperluan yang siap minum tentunya digunakan perbandingan kopi dan air yang besar. Kopi cold brew yang diperoleh dapat langsung disajikan. Sebanyak 1,125 kg kopi giling kasar dalam kantong berpori direndam dalam 19-20 L  air selama 12-24 jam.  Apabila yang diinginkan kopi cold brew bentuk konsentrat, jumlah air yang digunakan hanya seperempatnya atau sekitar 5 L.  Konsentrat yang diperoleh biasanya tidak langsung diminum, akan tetapi diencerkan dengan es atau susu tergantung kesukaan. Tentunya panduan formula tersebut diperuntukkan untuk rumah makan atau kafe yang mempunyai pelanggan banyak. 

Lebih lengkapnya silakan baca di Foodreview Indonesia edisi Agustus 2018, Beverages: nutrition matters. Pembelian & Berlangganan hubungi kami : langganan@foodreview.co.id / 0251 8372 333 / WA 0811 1190 039

Artikel Lainnya

  • Mar 28, 2024

    Pangan Segar dalam Produk Bakeri

    Indonesia memiliki keanekaragaman pangan yang melimpah tersebar dari Sabang sampai Merauke. Pangan tersebut dapat berasal dari tumbuhan maupun hewan, termasuk dari mikroalga, baik dalam bentuk pangan segar maupun diolah menjadi aneka produk sesuai potensi dan kearifan lokal tiap daerah. ...

  • Mar 25, 2024

    INOVASI Produk Bakeri Bebas Gluten

    Tepung dari gandum adalah salah satu jenis tepung yang banyak pemanfaatannya sebagai bahan baku produk bakeri. Beberapa negara di dunia termasuk Indonesia adalah negara dengan konsumsi tepung dari gandum yang tertinggi. ...

  • Mar 22, 2024

    Perencanaan Permintaan dalam Rantai Pasokan

    Pada tulisan sebelumnya (https:// bit.ly/SnOPBisnisPangan), telah dijelaskan pendahuluan mengenai Sales and Operations Plannning (S&OP) serta manfaat implementasinya pada bisnis pangan. ...

  • Mar 14, 2024

    Global Printing & Packaging Expo (GPPE) 2024 Siap Digelar

    Sebagai salah satu pameran utama di industri percetakan dan pengemasan, Global Printing & Packaging Expo (GPPE) kembali hadir pada edisi yang sangat dinantikan pada tahun 2024 ini. Diselenggarakan oleh PT Pelita Promo Internusa, pameran tahun ini diperkirakan akan lebih menjanjikan dan menjadi pameran terobosan teknologi mutakhir dan solusi berkelanjutan, menyatukan para pemimpin industri, inovator, dan profesional. ...

  • Mar 07, 2024

    Antioksidan Natural untuk Produk Pangan

    Permintaan akan produk dengan label bersih (clean label) terus mengalami peningkatan. Hal ini membuka peluang bagi produk-produk natural untuk memenuhi permintaan tersebut, termasuk dalam memilih antioksidan. Beberapa jenis antioksidan seperti ethylenediaminetetraacetic acid (EDTA), tertiary butylhydroquinone (TBHQ), butylated hydroxyanisole (BHA), butylated hydroxtoluene (BHT), propyl gallate, ascorbyl palmitate berpeluang tidak lagi dipilih oleh konsumen.  ...