Peran Perisa dalam Produk Pangan



Perisa (flavor) merupakan salah satu faktor yang dapat memengaruhi sifat organoleptik produk pangan. Bahkan, perisa dapat berpengaruh terhadap efek psikologis seorang konsumen. General Manager PT Tegar Inti Sentosa, Zulaikha menuturkan bahwa peran perisa sangatlah krusial untuk memberikan persepsi pada konsumen. 
"Flavour yang creamy dan sweet kurang cocok untuk diaplikasikan ke product diet yang bertujuan untuk mengurangi berat badan, karena flavour tersebut dapat memberikan persepsi menggemukkan. Tetapi flavour creamy dan sweet tersebut akan cocok untuk produk lezat, kaya akan rasa dan mengenyangkan," katanya dalam seminar Dairy & Beverages Market Trends & Sugar Reduction yang diselenggarakan di Jakarta, 4 Februari 2020 lalu.

Di acara tersebut, CEO Einar Willumsen, Jan Grøndal menyampaikan bahwa konsumen seringkali kurang tepat dalam memahami keberadaan perisa di suatu produk pangan. Di mana konsumen sering mengaitkan bahwa perisa yang diciptakan dari proses kimiawi tidak lebih baik dari perisa natural. 

"Jika kita lihat lebih dalam lagi, ada banyak proses dan bahan kimiawi yang merupakan bagian dari alam itu sendiri. Di flavor house kita mencoba untuk mengombinasikan agar dapat memunculkan flavor yang lebih kuat dan tentu saja memnuhi standar baik keamanan dan kualitasnya," pungkasnya. Fri-35

Artikel Lainnya

  • Apr 16, 2021

    Eksplorasi Ingridien Pangan Lokal

    Indonesia sangat kaya akan sumber-sumber ingridien pangan. Beberapa ingridien tersebut bersifat multifungsional dan memiliki karakter yang spesifik. ...

  • Apr 15, 2021

    Empat Kategori Flavor Pangan

    saat ini ada empat kategori flavor yang sedang menjadi kecenderungan di berbagai belahan dunia termasuk di Indonesia. Keempat kategori tersebut adalah comfort flavour, nostalgic flavour, functional flavour dan millennial flavour. Comfort flavour adalah flavor yang membuat nyaman. ...

  • Apr 14, 2021

    Flavor Etnik untuk Produk Pangan

    Di era global ini, terjadi fenomena saling memengaruhi dalam masalah kesukaan konsumen terhadap flavor dan pangan. Pada saat ini, flavor etnik dari bagian manapun di belahan dunia digandrungi oleh konsumen di negara negara Barat, sebelumnya terjadi yang sebaliknya. ...

  • Apr 13, 2021

    Pengembangan Flavor Pangan

    Flavor pangan merupakan kunci utama kesukaan konsumen terhadap makanan dan minuman serta produk pangan (pangan olahan). ...

  • Mar 28, 2021

    Kualitas Pangan Beku

    Produk pangan beku menjadi semakin digemari konsumen karena beberapa alasan seperti: mengurangi kontaminasi, mengendalikan kerusakan pangan yang diakibatkan oleh mikroba, mengendalikan perkembangan mikroorganisme selama penyimpanan, menghambat penurunan zat gizi, serta mempertahankan kualitas organoleptik. ...