Keamanan Pangan pada Proses Sertifikasi Halal



Halal dapat diposisikan sebagai quality control, yang mana mengatur segala aspek dalam pengolahan pangan halal. Termasuk penggunaan bahan baku pangan, bahan tambahan, dan bahan penolong lainnya hingga proses pengolahannya. Mulai dari proses penyembelihan hewan ternak sesuai dengan syariat sampai terbebasnya kontaminasi dari bahan yang tidak aman saat proses produksi pangan.

Keamanan pangan telah menjadi kriteria yang dipersyaratkan di dalam pengurusan sertifikasi halal LPPOM MUI. Peraturan ini mengacu pada SNI ISO/IEC 17065: 2012 dan UAE 2055:2 untuk lembaga sertifikasi halal, yakni penambahan persyaratan keamanan pangan dalam proses sertifikasi halal untuk industri pangan yang diberlakukan oleh KAN. Hal ini sesuai dengan persyaratan akreditasi oleh KAN bahwa LPPOM MUI perlu melakukan pengecekan terhadap regulasi yang berlaku di Indonesia terkait keamanan pangan.

Lebih lengkapnya silakan baca di Foodreview Indonesia edisi Oktober 2020: Technology for Safer and Better Foods. Pembelian & Berlangganan hubungi kami: langganan@foodreview.co.id/(0251) 8372-333/WhatsApp: 0811-1190-039. 
Newsletter: http://bit.ly/fricommunity
Search FOODREVIEW on TOKOPEDIA & SHOPEE

#foodreviewindonesia #foodscience #foodtechnology #ilmupangan #teknologipangan #industripangan #technology #for #safer #and #better #foods

Artikel Lainnya