Divider pada Industri Bakeri


 

Dividing merupakan proses memotong atau membagi adonan sesuai dengan berat yang diinginkan dalam industri bakeri. Proses ini menjadi penting untuk menjaga kualitas, terutama keseragaman bentuk dan berat adonan sebelum masuk ke tahap selanjutnya. Saat ini untuk memberikan hasil yang seragam dan waktu efisien telah berkembang beberapa divider yang telah diaplikasikan di industri bakeri.

 

Dalam proses ini, adonan dibagi secara volumetrik, baik dengan piston dividing, yaitu memotong adonan menjadi ukuran yang telah ditentukan menggunakan ruang cetakan yang telah ditentukan kemudian memotong
ketebihannya, ataupun dengan menggunakan extrusion dividing
yaitu dengan mendorong adonan melewati lubang pada kecepatan tertentu kemudian memotong pada ujungnya pada interval tertentu. Menurut Cauvain (2007) keakuratan extrusion dividing dalam proses ini tergantung homogenitas dan distribusi gelembung gas dalam adonan.

Selengkapnya di FOODREVIEW INDONESIA edisi Juli 2017 di www.foodreview.co.id atau pustakapangan.com

Artikel Lainnya

  • Des 03, 2024

    Autentifikasi Pangan: Jaminan Keamanan, Mutu & Keaslian Selama masa simpan

    ...

  • Nov 28, 2024

    Time Horizon dalam S&OP

    Panjang waktu (time horizon) yang dilibatkan dalam proyeksi permintaan dan pasokan dalam siklus Sales and Operations Planning (S&OP) dapat bervariasi tergantung pada sifat industri, karakteristik produk, dan kebijakan perusahaan. ...

  • Nov 27, 2024

    PENDUGAAN Masa Simpan Produk Pangan

    Kerusakan pangan merupakan kondisi di mana suatu produk pangan mengalami perubahan yang signifikan sehingga tidak lagi aman atau layak untuk dikonsumsi. Hal ini dapat berupa perubahan penampilan, tekstur, aroma, rasa maupun nilai gizi. ...

  • Nov 26, 2024

    Label Pangan: Jendela Informasi bagi Konsumen

    Label pada kemasan pangan olahan yang kita temui di warung, toko, pasar, atau platform online, memiliki peran penting. Label ini, yang bisa berupa stiker, cetakan langsung pada kemasan, atau bagian dari kemasan itu sendiri, berfungsi memberikan informasi yang benar dan jelas kepada konsumen. Informasi tersebut meliputi nama produk, komposisi bahan, tanggal produksi, tanggal kedaluwarsa, serta keterangan lainnya yang dibutuhkan. Konsumen berhak mengetahui sejelasjelasnya kondisi produk pangan yang dikemas sehingga memberikan rasa aman saat membeli dan/atau mengonsumsi pangan olahan. ...

  • Nov 25, 2024

    Standardisasi Kemasan Pintar (Smart Packaging )

    Kemasan pangan telah berevolusi menjadi elemen penting dalam strategi pemasaran produk pangan. Desain kemasan yang menarik dan informasi yang jelas pada label secara signifikan memengaruhi keputusan konsumen dalam memilih dan membeli produk pangan.   ...