Keunggulan Penerapan Proses Aseptis dalam Produk Pangan



Produk dengan proses aseptis terus tumbuh setiap tahun. Berdasarkan data Zenith, volume produk aseptis dunia tumbuh 4% pada 2011 di mana China menyumbang pertumbuhan terbesar yaitu 8% dan diikuti Asia Tenggara sebesar 7%. Selain itu, diketahui bahwa 42% dari produk aseptis merupakan produk susu. Proses aseptis juga telah dikembangkan untuk produk sup, saus dan produk pangan untuk bayi. 

Beberapa hal yang ditawarkan dalam penerapan sistem aseptis ukuran kemasan yang bisa diubah sesuai kebutuhan produk, peningkatan pindah panas dan pengurangan waktu proses. ìSelain itu, proses aseptis secara umum juga memberikan kualitas yang lebih baik. Hal ini karena proses pindah panas yang cepat sehingga waktu proses menjadi singkat akan meminimalisasi kerusakan atribut mutu produk, misalnya komposisi gizi produk,î tutur Dosen Departemen Ilmu dan Teknologi Pangan IPB, Dr. Eko Hari Purnomo dalam In-Depth Seminar FOODREVIEW INDONESIA: Pangan Steril Komersial, Regulasi dan Aplikasinya yang diselenggarakan di Bogor pada 17 Oktober 2017 lalu. Selain itu, Ia menambahkan bahwa keuntungan aplikasi proses aseptis adalah penggunaan kemasan yang lebih murah karena tidak memerlukan kriteria kemasan yang harus kuat pada suhu tinggi seperti halnya proses sterilisasi dengan retort. 

Lebih lengkapnya silahkan baca di FOODREVIEW INDONESIA edisi "Food Safety By Design", November 2017

Artikel Lainnya

  • Apr 17, 2021

    Teknologi Smart Flavour dari Sumber Ikan

    Smart flavour adalah flavor yang tidak hanya berperan sebagai penguat rasa lezat, tetapi juga bermanfaat bagi kesehatan karena mengandung zat gizi esensial dan memiliki aktivitas antioksidan.  ...

  • Apr 16, 2021

    Eksplorasi Ingridien Pangan Lokal

    Indonesia sangat kaya akan sumber-sumber ingridien pangan. Beberapa ingridien tersebut bersifat multifungsional dan memiliki karakter yang spesifik. ...

  • Apr 15, 2021

    Empat Kategori Flavor Pangan

    saat ini ada empat kategori flavor yang sedang menjadi kecenderungan di berbagai belahan dunia termasuk di Indonesia. Keempat kategori tersebut adalah comfort flavour, nostalgic flavour, functional flavour dan millennial flavour. Comfort flavour adalah flavor yang membuat nyaman. ...

  • Apr 14, 2021

    Flavor Etnik untuk Produk Pangan

    Di era global ini, terjadi fenomena saling memengaruhi dalam masalah kesukaan konsumen terhadap flavor dan pangan. Pada saat ini, flavor etnik dari bagian manapun di belahan dunia digandrungi oleh konsumen di negara negara Barat, sebelumnya terjadi yang sebaliknya. ...

  • Apr 13, 2021

    Pengembangan Flavor Pangan

    Flavor pangan merupakan kunci utama kesukaan konsumen terhadap makanan dan minuman serta produk pangan (pangan olahan). ...