Inovasi produk seasoning dengan ekstrak ragi


 

 

 

Menanggapi berbagai tren produk pangan yang berkembang, terutama terkait dengan pengurangan BTP, tentu akan berdampak pada cita rasa produk pangan. Untuk dapat mempertahankan cita rasa tersebut maka dibutuhkan bahan  yang dapat menyubstitusi sehingga tidak mengubah rasa dari produk pangan. Salah satu langkah yang dapat diterapkan adalah dengan penggunaan ekstrak ragi. Ingridien ini dihasilkan dari 100% ragi produk bakeri yang sangat aman karena diperoleh secara alami. Ekstrak ragi juga memiliki cita rasa umami dan kokumi yang dapat memperkaya flavor produk pangan. ìDari segi rasa, ekstrak ragi memiliki cita rasa umami dan kokumi, sehingga penggunaan ekstrak ragi sebagai ingridien pangan sangat tepat, terutama dilihat dari aspek yang lain seperti kesehatan dan zat gizinya,î tutur Extract Yeast R&D Senior Manager Angel Ragi, Chris Guo yang disampaikan dalam In-depth Seminar Foodreview Indonesia: Seasonings, Key Ingredients for Better Food Quality yang diselenggarakan di Bogor beberapa waktu lalu. 

Dari segi keamanan pangan, ekstrak ragi merupakan ingridien pangan yang aman dan regulasinya telah diatur dalam badan pengawas obat dan makanan Amerika Serikat (FDA, Food and Drug Administration), ekstrak ragi juga dapat dikonsumsi oleh pelaku vegetarian. 

Lebih lengkapnya silakan baca di Foodreview Indonesia edisi Juni 2018: Dairy Opportunity.
Pembelian & Berlangganan hubungi kami : langganan@foodreview.co.id / 0251 8372 333 / WA 0811 1190 039

Artikel Lainnya

  • Jul 16, 2024

    Napindo Kembali Hadirkan Pameran dan Forum Internasional Terbesar di Sektor Peternakan, Perikanan, dan Agribisnis

    PT Napindo Media Ashatama (Napindo) kembali menyelenggarakan pameran dan forum internasional Indo Livestock dan Indo Feed, Indo Fisheries, Indo Dairy, Indo Agrotech dan Indo Vet 2024 yang akan dibuka pada 17-19 Juli 2024 di Jakarta Convention Center (JCC). Assistant Project Director Napindo, Lisa Rusli mengatakan bahwa pameran pada kali ini akan mengusung tema ketahanan pangan sebagai pilar stabilitas nasional. “Pameran ini menampilkan berbagai segmen mulai dari peternakan, pengolahan hasil ternak, kesehatan hewan ternak, hingga pameran pakan ternak, pengolahan susu, sistem kandang, kebersihan, dan pengemasan hasil olahan susu,” ujarnya dalam konferensi pers yang diselenggarakan pada Senin, 15 Juli 2024 di JCC.  ...

  • Jul 15, 2024

    Pemanfaatan Teknologi Membran dalam Produksi Peptida Bioaktif sebagai Ingridien Pangan Fungsional

    Perubahan pola konsumsi masyarakat dewasa ini memicu transformasi industri pangan. Konsumen kini lebih sadar akan kesehatan dan kelestarian lingkungan, mendorong permintaan terhadap pangan fungsional, yang tidak hanya bergizi dan menyehatkan, tetapi juga diproduksi secara berkelanjutan (sustainable). Hal ini membuka peluang bagi pengembangan teknologi pangan yang inovatif dan ramah lingkungan. ...

  • Jul 08, 2024

    SINBIOTIK & MIKROBIOTA USUS

    Kesadaran masyarakat terhadap pentingnya kesehatan terus meningkat. Hal ini mendorong mereka untuk mencari dan memahani berbagai informasi yang berkaitan dengan kesehatan. Salah satu istilah dan informasi yang kini semakin dikenal masyarakat adalah mikrobiota usus (gut microbiota). Secara umum mikrobiota diartikan sebagai komunitas mikroorganisme pada suatu ekosistem.   ...

  • Jun 28, 2024

    Analisis Sensoris untuk Evaluasi Pengembangan Produk Baru

    Untuk mengevaluasi karakterisiktik suatu produk pangan melalui indra manusia seperti aroma, tekstur, rasa, dan penampilan, sangat diperlukan adanya analisis sensoris. Metodologi analisis sensoris ini diatur dalam standar SNI. Beberapa pengujian yang umum digunakan, yakni metode uji segitiga juga uji deskrpsi. ...

  • Jun 27, 2024

    Pameran EastFood (IIFEX) & EastPack Surabaya 2024 Hadir Kembali

    Pameran tahunan terbesar di Surabaya, Pameran EastFood (IIFEX) & EastPack Surabaya 2024 resmi dibuka hari ini, Pameran ini merupakan platform Business to Business yang diharapkan dapat memperluas wawasan para pengusaha pangan dan kemasan tentang potensi pasar di mancanegara sekaligus membentuk jaringan pemasaran mendorong pelaku usaha untuk menghasilkan produk-produk berkualitas serta kompeten.  ...