Pentingnya Kompetensi Tenaga Laboratorium dalam Isu Keamanan Pangan



Perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) membuat masyarakat semakin bebas dalam mengakses segala informasi. Tidak terkecuali dalam mengonsumsi sebuah produk pangan, konsumen saat ini mulai memerhatikan informasi tentang produk yang akan dibeli, khusunya tentang keamanannya. Sehingga hal ini menjadi tantangan para produsen pangan untuk dapat menjamin keamanan produknya.

Sebagai upaya dalam memastikan keamanan suatu produk pangan, terdapat serangkaian pengujian untuk memastikan mutu produk sesuai dengan standar yang ditetapkan. Pengujian tersebut dilakukan oleh petugas yang berkompeten di dalam laboratorium. Tenaga laboratorium yang kompeten sangat dibutuhkan agar hasil uji yang didapatkan valid dan dapat diterima.

"Dalam isu keamanan pangan, hasil pengujian yang valid dan cepat sangat penting untuk menentukan pengambilan keputusan lebih lanjut. Hasil yang diharapkan ini akan didapat jika tenaga atau praktisi di laboratoriumnya memiliki kualifikasi yang baik," terang Kepala Seksi Inspeksi Peredaran Pangan Teknologi Baru, Bioterorisme, dan Pertahanan Pangan BPOM, Fitriana Cahyaningrum, SP, MGz, dalam Seminar yang dilaksanakan oleh MBrio Biotekindo mengenai Isu Keamanan Pangan dan Ketetapan Analisa, di Bogor pada 14 Februari 2019. Fri-37

Artikel Lainnya