Tren Utama Produk Makanan Ringan



Seiring berkembangnya gaya hidup, tren konsumen juga mengalami perkembangan dan perubahan yang cukup signifikan dari waktu ke waktu. Dalam industri pangan, makanan ringan termasuk dalam produk yang memiliki ombak perubahan tren yang cukup tinggi. 

Makanan ringan telah muncul sebagai alternatif dari pangan secara umum dalam pola perilaku konsumen. Pendapatan yang lebih tinggi, sebagai hasil dari urbanisasi yang berkembang, dan meningkatnya preferensi untuk makanan enak yang dapat dikonsumsi kapan saja, telah memicu pertumbuhan industri makanan ringan.

Menurut Global Head of Sales Cocoa, Chocolate and Nuts, Niklaus Gutgsell, terdapat dua tren utama dalam produk makanan ringan konsumen, yakni premiumisasi serta aspek kesehatan dan gizi. 

“Premiumisasi ialah suatu proses yang menggunakan karakteristik, sifat, atau fitur suatu produk untuk meningkatkan persepsi konsumen, dengan tujuan menciptakan kemauan untuk membayar lebih. Tiga kunci untuk mencapai premiumisasi antara lain pengemasan, channel, serta ingridien,” terang Niklaus dalam Buhler Webinar dengan topik Introduction to Cocoa and Chocolate Processing Webinar pada 28 April 2020.

Sedangkan untuk aspek kesehatan dan gizi, lanjut Niklaus, revolusi tren makanan ringan yang menyehatkan sedang menjadi fokus global didukung oleh regulasi serta pilihan masyarakat. Saat ini, produk generasi terbaru dengan klaim “better-for-you” lebih disukai konsumen seiring dengan gaya hidup masyarakat yang lebih baik. 

“Produk inovatif dengan penggunaan bahan fungsional, kenyamanan, dan kemajuan di bidang teknologi pengemasan akan memberikan peluang pertumbuhan produk makanan ringan di masa depan,” pungkas Niklaus. Fri-37

Artikel Lainnya

  • Des 30, 2020

    Tren Snack Lebih Menyehatkan

    Produk snack bercita rasa asin-gurih (savory snacks) sampai saat ini masih banyak diminati dan mengisi pasar-pasar yang ada. Pertumbuhan ekonomi dan pergeseran demografis menciptakan pemintaan yang baru untuk produk dengan pengalaman rasa yang lebih banyak di negara Asia. Pasar konsumen yang muncul di Asia lebih memilih produk dengan flavor yang kuat dengan karakter eksotis yang lekat.  ...

  • Des 29, 2020

    Ingridien Pangan Berkelanjutan

    Hampir di seluruh negara di dunia, kategori untuk produk pangan yang lebih menyehatkan terus mengalami peningkatan. Studi terbaru bahkan menunjukkan bahwa pandemi COVID-19 memperkuat tren ini. Konsumen saat ini ingin lebih jauh mengetahui terkait apa yang dimasukkan ke tubuhnya, bagaimana bahan tersebut didapatkan sampai ke tahap pertama (petani), sampai pengaruh serta dampaknya pada planet. ...

  • Des 28, 2020

    Peran Cita Rasa dalam Pemilihan Produk Pangan

    Salah satu kunci utama bagi industri pangan hingga kuliner untuk menembus pasar yang ada sekarang ialah memperhatikan cita rasa (taste) produknya. Faktor utama yang memengaruhi daya penerimaan terhadap suatu makanan adalah rangsangan cita rasa yang ditimbulkan oleh makanan tersebut. Terdapat berbagai komponen yang berperan dalam menentukan rasa makanan, beberapa di antaranya yakni aroma, bumbu dan penyedap.  ...

  • Des 27, 2020

    Tantangan Keamanan Pangan Global

    Tidak dapat dimungkiri, memastikan pangan yang aman adalah prasyarat utama dalam memproduksi suatu produk pangan. Di saat seperti ini, di mana sistem pangan semakin kompleks, ada kerentanan yang dapat menyerang dan mengganggu sewaktu-waktu dan secara luas. Peluang terjadi pemalsuan (fraud) atau perusakan (tampering) tidak dapat diprediksi atau dikendalikan melalui Hazard Analysis Critical Control Point (HACCP). Dengan tantangan yang semakin meningkat ini, perlu adanya upaya pertahanan pangan yang harus dilakukan (food defense).  ...

  • Des 26, 2020

    Autentikasi Produk Pangan

    Setiap produk pangan memiliki spesifikasi atau substansi/ komponen yang berbeda (unik). Pangan asli merupakan pangan yang bebas dari pemalsuan, terutama yang berkaitan dengan komposisi, sifat dan kemurnian varietas, asal geografis serta metode/ teknologi pembuatannya. Pada produk pangan olahan, pangan dianggap asli jika produk atau isinya sesuai dengan spesifikasi dan informasi pada label.  ...