Ingridien dalam Inovasi Produk Pangan


 

Pergeseran minat pasar terhadap produk pangan yang semakin lokal tentu menghadirkan tantangan tersendiri. Penggunaan produk dan cita rasa lokal menjadi semakin digemari karena akses informasi yang tak terbatas. Hal tersebut tentu juga berpengaruh pada penggunaan ingridien yang digunakan. 

 

"Pertumbuhan ini tentu saja didorong oleh adanya inovasi-inovasi produk yang tidak lain diciptakan oleh konsumen," jelas Ketua Umum Gabungan Pengusaha Makanan dan Minuman Indonesia (GAPMMI), Adhi S. Lukman dalan Media Workshop Food Ingredients (Fi) Asia yang dilaksanakan di Jakarta, 4 Juli 2018. 

Penggunaan ingridien-ingridien lokal pada inovasi produk tersebut berpengaruh juga pada kepentingan impor yang selama ini dilakukan oleh Indonesia. Oleh karena itu, penggunaan ingridien lokal diharapkan dapat menekan impor dengan menyesuaikan spesifikasi dan standar yang dibutuhkan oleh suatu industri. 

"Impor tentu terjadi karena adanya permintaan. Untuk itu, kini saatnya Indonesia sendiri dapat memenuhi permintaan yang dibutuhkan oleh industri sehingga dapat menekan angka impor," tambah Sekretaris Eksekutif South East Asia Food and Agriculture Science and Technology (SEAFAST) Center IPB, Dr. Puspo Edi Giriwono. 

Pameran Fi Asia akan dilaksanakan pada 3-5 Oktober 2018 mendatang di Jiexpo Kemayoran dan akan menghadirkan lebih dari 750 peserta pameran produk pangan yang terkait dengan ingridien dan pangan fungsional. Pameran ini juga akan dimeriahkan dengan sesi konferensi dan seminar sebagai referensi para pelaku industri. Fri-35

Artikel Lainnya

  • Jul 16, 2024

    Napindo Kembali Hadirkan Pameran dan Forum Internasional Terbesar di Sektor Peternakan, Perikanan, dan Agribisnis

    PT Napindo Media Ashatama (Napindo) kembali menyelenggarakan pameran dan forum internasional Indo Livestock dan Indo Feed, Indo Fisheries, Indo Dairy, Indo Agrotech dan Indo Vet 2024 yang akan dibuka pada 17-19 Juli 2024 di Jakarta Convention Center (JCC). Assistant Project Director Napindo, Lisa Rusli mengatakan bahwa pameran pada kali ini akan mengusung tema ketahanan pangan sebagai pilar stabilitas nasional. “Pameran ini menampilkan berbagai segmen mulai dari peternakan, pengolahan hasil ternak, kesehatan hewan ternak, hingga pameran pakan ternak, pengolahan susu, sistem kandang, kebersihan, dan pengemasan hasil olahan susu,” ujarnya dalam konferensi pers yang diselenggarakan pada Senin, 15 Juli 2024 di JCC.  ...

  • Jul 15, 2024

    Pemanfaatan Teknologi Membran dalam Produksi Peptida Bioaktif sebagai Ingridien Pangan Fungsional

    Perubahan pola konsumsi masyarakat dewasa ini memicu transformasi industri pangan. Konsumen kini lebih sadar akan kesehatan dan kelestarian lingkungan, mendorong permintaan terhadap pangan fungsional, yang tidak hanya bergizi dan menyehatkan, tetapi juga diproduksi secara berkelanjutan (sustainable). Hal ini membuka peluang bagi pengembangan teknologi pangan yang inovatif dan ramah lingkungan. ...

  • Jul 08, 2024

    SINBIOTIK & MIKROBIOTA USUS

    Kesadaran masyarakat terhadap pentingnya kesehatan terus meningkat. Hal ini mendorong mereka untuk mencari dan memahani berbagai informasi yang berkaitan dengan kesehatan. Salah satu istilah dan informasi yang kini semakin dikenal masyarakat adalah mikrobiota usus (gut microbiota). Secara umum mikrobiota diartikan sebagai komunitas mikroorganisme pada suatu ekosistem.   ...

  • Jun 28, 2024

    Analisis Sensoris untuk Evaluasi Pengembangan Produk Baru

    Untuk mengevaluasi karakterisiktik suatu produk pangan melalui indra manusia seperti aroma, tekstur, rasa, dan penampilan, sangat diperlukan adanya analisis sensoris. Metodologi analisis sensoris ini diatur dalam standar SNI. Beberapa pengujian yang umum digunakan, yakni metode uji segitiga juga uji deskrpsi. ...

  • Jun 27, 2024

    Pameran EastFood (IIFEX) & EastPack Surabaya 2024 Hadir Kembali

    Pameran tahunan terbesar di Surabaya, Pameran EastFood (IIFEX) & EastPack Surabaya 2024 resmi dibuka hari ini, Pameran ini merupakan platform Business to Business yang diharapkan dapat memperluas wawasan para pengusaha pangan dan kemasan tentang potensi pasar di mancanegara sekaligus membentuk jaringan pemasaran mendorong pelaku usaha untuk menghasilkan produk-produk berkualitas serta kompeten.  ...