Superior Floor Coating for Better Quality


Industri pangan memiliki spesifikasi tersendiri dalam memilih jenis lantai yang disesuaikan antara kebutuhan dan budget. Sehingga diperlukan beberapa alternatif yang dapat memenuhi keinginan mereka. Pemilihan jenis lantai yang tepat akan mendukung tercapainya mutu dan keamanan produk yang lebih baik.

Untuk menjawab kebutuhan akan lantai berkualitas, produsen nasional cat dan coating PT Bina Adidaya menyediakan beberapa jenis coating lantai yang cocok diaplikasikan di industri pangan. Perusahaan yang berlokasi di Jakarta dan memiliki pabrik di Tangerang ini memperkenalkan produknya dengan merek PENTA PRIMA dan telah beroperasi sejak 1990. Pada 2002, PT Bina Adidaya bahkan berhasil memperoleh sertifikasi ISO 9001-2000 untuk Quality Management System. Perusahaan juga aktif melakukan inovasi untuk menjawab kebutuhan dan tantangan yang terus berkembang dengan menyediakan fasilitas research and development (R&D) yang dioperasikan oleh staf teknis berpengalaman. Sementara itu, bagian quality control bertugas memastikan tercapainya standar mutu dari produk yang dihasilkan. Customer Bina Adidaya pun cukup tersebar, dari industri kelautan (marine paint), elektronik, mobil, plastik, hotel, farmasi, supermarket, hangar hingga pangan. Sehingga pengalamannya dalam bidang painting dan coating tidak diragukan lagi.

Bina Adidaya menyediakan beberapa pilihan jenis coating lantai untuk industri pangan. Menurut Assistant Sales Manager PT Bina Adidaya, Oni Epola Tio, terdapat tiga produk yang dapat dipilih sesuai dengan spesifikasi yang dikehendaki. “Produk-produk tersebut antara lain Penta Epoxy Coating, Penta-S-Crete, dan Penta Epo-Crete,” kata Oni. Setiap produk tersebut memiliki karakter dan sifat tersendiri. Selain dari jenis, Bina Adidaya juga melayani permintaan warna khusus dari customer.
“Kami dapat menyesuaikan warna sesuai dengan keinginan customer,termasuk untuk memenuhi warnawarna identitas perusahaan,” tambah Oni.Ketiga coating lantai untuk industri pangan dari Bina Adidaya telah didesain sesuai kebutuhan dan persyaratan sanitasi dan hygiene tahan gores/ scratch. Berikut adalah keunggulan lainnya yang dapat diperoleh:
 
Penta Epoxy Coating
Lantai industri pangan harus mudah dibersihkan, tidak memiliki celah, dan juga tidak mendorong pertumbuhan mikroba patogen. Hal tersebut sangat sesuai dengan sifat yang dimiliki oleh Penta Epoxy Coating, sehingga sangat mendukung proses sanitasi dan hygiene di lingkungan industri. Lantai ini juga memungkinkan untuk dilakukan penggunaan cleaner dan sanitizer yang biasa dilakukan di industri pangan, karena memiliki sifat resisten terhadap beberapa senyawa kimia.
Keunggulan lainnya adalah Penta Epoxy memiliki sifat anti skid. Dari segi desain, lantai ini bisa didesain dengan warna gloss tinggi atau semi gloss, serta pemilihan corak warna sesuai pilihan. Secara mekanis, juga memiliki sifat adhesi yang sempuna dan kuat. Bila menggunakan Penta Epoxy, garansi yang diberikan bisa hingga mencapai 1 tahun.
Penta S-Crete
Tidak sedikit industri pangan yang melibatkan proses termal dalam produksinya seperti proses penggorengan, bleaching, pasteurisasi, maupun sterilisasi. Sehingga dibutuhkan lantai yang memiliki ketahanan terhadap panas (thermal shock) dan kekuatan compressive (tahan gores). Bina Adidaya memberikan jawaban dengan menyediakan Penta S-Crete. Produk ini berbasis polyurethane yang anti gores. Sangat cocok untuk digunakan oleh industri pangan. Garansi untuk produk ini bisa mencapai hingga 2 tahun.
Penta Epo-Crete
Beban berat juga sering dihadapi oleh lantai industri pangan. Tidak jarang forklift,mesin-mesin, tumpukan barang, atau lainnya menjadi tantangan tersendiri yang bisa menyebabkan lantai terkelupas atau bahkan retak dan pecah. Oleh sebab itu, Bina Adidaya menyediakan solusi lantai dengan compressive strength hingga K-500, yakni Penta Epo-Crete. Bina Adidaya memberikan garansi untuk coating lantai ini hingga 1 tahun.
Dalam prasyarat dasar sanitas dan hygiene di industri pangan, GMP, lantai merupakan komponen yang penting. Karena dapat menjadi media penyebab kontaminasi yang membahayakan keamanan  pangan. Oleh sebab itu, pemilihan dan perawatan lantai harus dipertimbangkan secara serius. PENTA PRIMA adalah pilihan bijak untuk lantai dalam industri pangan.
 
 
Informasi lebih lanjut hubungi :
PT. Bina Adidaya
T. 021 6510052,
F. 021 6522607, 65306954
Email: sales@binaadidaya.com
www.binaadidaya.com
 

 

 
(FOODREVIEW INDONESIA Edisi Maret 2012)

 

 

Artikel Lainnya

  • Jan 23, 2021

    Strategi Percepatan Perapan Kecerdasan Buatan

    Penerapan dan adopsi teknologi digital maju seperti AI di industri pangan masih belum sesuai harapan. Banyak industri pangan saat ini berada pada posisi wait and see. Jika pesaingnya menerapkan AI, barulah dia juga akan menerapkan AI. ...

  • Jan 22, 2021

    Inovasi Kecerdasan Buatan untuk Industri Pangan

    Berbagai inovasi penggunaan kecerdasan buatan untuk pangan telah dilakukan di berbagai negara maju. Sebagai contoh, Majalah Forbes (April 2020) menyajikan artikel yang berjudul “This AI Camera Can Help Restaurants Show that Their Food is Safe from Coronavirus”. Penemuan mutakhir ini merupakan terobosan yang cukup nyata dalam industri pangan. Alat ini mampu memastikan bahwa makanan yang dihidangkan terbebas dari virus korona karena telah dipersiapkan dengan protokol kesehatan yang ketat. Hal ini dimungkinkan karena pembuatan makanan dipantau lewat kamera yang menggunakan algoritma cerdas dan teknik image recognition. ...

  • Jan 21, 2021

    Kecerdasan Buatan untuk Industri Pangan 2021

    Saat ini digitalisasi dapat meningkatkan efisiensi bisnis dan industri. Berbagai penelitian telah membuktikan bahwa kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI) dan robot mampu melaksanakan berbagai tugas lebih cepat dan lebih baik (presisi) dari pada manusia. Walaupun atmosfir digitalisasi di industri pangan sudah terasa sejak dicanangkannya program “Making Indonesia 4.0” beberapa tahun lalu, namun penerapannya masih belum memuaskan. Diperkirakan baru sekitar 5-10% industri pangan yang sudah melaksanakan program digitalisasi. Selebihnya baru pada tahap pengenalan (familiarisasi) atau bahkan belum mengenal digitalisasi sama sekali. Padahal kalau kita bandingkan dengan luar negeri, negara kita masih jauh tertinggal dalam proses digitalisasi. ...

  • Jan 20, 2021

    Kinerja Pangan Strategis

    Dari sisi suplai, sektor pertanian mencatat pertumbuhan positif dan menjadi bantalan (cushion) di tengah resesi ekonomi Indonesia. Sektor pertanian tumbuh 2,19 dan 2,15% (y-on-y) dan pada Q2 dan Q3- 2020. ...

  • Jan 19, 2021

    Pola Konsumsi Masa Pandemi

    Sepanjang tahun 2020, komponen sisi pengeluaran seluruhnya mengalamai kontraksi, kecuali pengeluaran pemerintah yang mengalami pertumbuhan 9,76% (y-o-y) pada Q3-2020. Pertumbuhan pengeluaran konsumsi rumah tangga masih terkontraksi minus 4,04%, pengeluaran konsumsi LNPRT (Lembaga non-profit yang melayani rumah tangga) juga minus 2,12%, investasi atau pembentukan modal tetap bruto (PMTB) negatif 6,48%, ekspor negatif 10,82%, dan impor lebih parah sampai minus 21,86%. ...